Peluang Usaha Budidaya Tanaman Porang Yang Menjanjikan

peluang usaha budidaya tanaman porang
Image via tribunnews.com

Sebagian besar orang pasti akan merasa kurang familiar ketika mendengar nama Porang dan bahkan mengetahui Peluang Usaha Budidaya Tanaman Porang. Namun Anda harus tahu bahwa tanaman ini memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan terutama untuk pasar ekspor karena banyak negara-negara yang mencari umbi dari tanaman porang untuk beberapa bahan baku seperti mie shirataki, kosmetik, pengental, lem dan juga beberapa campuran dalam makanan.

Dengan mengetahui kegunaan dan juga peluang dari tanaman ini, maka Anda pun akan memahami bahwa tanaman ini memiliki nilai yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan keuntungan dari tanaman ini dan melihat bagaimana peluang usaha bisnis ini, maka informasi berikut ini adalah informasi yang tepat untuk Anda.

Bagaimana Prospek Dari Budidaya Tanaman Porang?

Sebelum terjun ke bisnis budidaya tanaman porang, Anda harus tahu bagaimana sebenarnya keuntungan yang ditawarkan oleh tanaman ini dan mengapa Anda harus memilih tanaman ini untuk dibudidayakan dan bukannya tanaman lainnya.

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Porang yang ditawarkan cukuplah menjanjikan terutama dengan beberapa kelebihan dari tanaman ini dibandingkan tanaman lainnya. Salah satu keuntungan yang ditawarkan seperti yang sudah dibahas di atas adalah kebutuhan dari umbi yang dihasilkan oleh tanaman ini yang tinggi terutama dari luar negeri karena di Indonesia sendiri porang masih belum banyak dikenal dan digunakan.

Selain keuntungan yang ditawarkan tersebut, hal lain yang juga harus Anda ketahui mengenai tanaman porang adalah bahwa tanaman ini sangat mudah ditanam dan tidak membutuhkan perawatan yang cukup sulit.

Tanaman ini cukup mudah ditanam dan bisa tumbuh pada ketinggian 0 – 700 mdpl sehingga tidak sulit untuk menanami tanaman ini rata-rata ketinggian lahan tersebut yang cukup banyak ditemukan di Indonesia. Hal yang perlu diperhatikan ketika Anda menanami tanaman ini adalah untuk memastikan adanya pohon naungan agar tanaman ini bisa tumbuh di bawahnya.

Dengan memahami Peluang Usaha Budidaya Tanaman Porang dan juga prospek ke depannya dari tanaman ini, maka Anda pun bisa memanfaatkan dan juga menggunakan peluang tersebut untuk bahkan memulai budidaya tanaman ini.

Untuk saat ini, kebutuhan pasar luar negeri masih cukup besar dan belum terpenuhi secara maksimal. Berdasarkan data yang ada pada tahun 2018 kebutuhan ekspor untuk tanaman ini mencapai 254 ton yang sudah diekspor ke beberapa negara dan saat ini beberapa kota penghasil porang yang sudah diketahui cukup besar hanya berasal dari Madiun, Pasuruan, Wonogiri dan juga Bandung.

Untuk itu tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa membuka lokasi lain untuk yang dapat menjadi salah satu pusat penghasil porang yang cukup besar karena Peluang Usaha Budidaya Tanaman Porang yang masih cukup menjanjikan sehingga Anda pun bisa mencoba budidaya tanaman ini.

Beberapa Prospek Lainnya Yang Harus Anda Ketahui

Hal penting lainnya yang harus Anda ketahui dari tanaman porang sebelum Anda memulai budidaya dari tanaman ini adalah bahwa harga dari porang yang cukup stabil dan bisa dikatakan cukup mahal. Jadi tidak salah jika tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang cukup besar jika dibandingkan dengan beberapa tanaman lainnya. Tidak salah jika dikatakan bahwa prospek ke depan dari budidaya porang masih cukup besar dan menjanjikan karena beberapa alasan tersebut.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai budidaya tanaman porang juga tidaklah besar sehingga Anda atau siapa saja dengan yang memiliki modal kecil pun dapat segera memulai budidaya porang. Untuk itu Anda bisa segera memulai usaha ini karena beberapa kelebihan dan juga peluang yang masih besar bagi siapa saja yang tertarik untuk memulai budidaya dan mendapatkan keuntungan dari tanaman yang masih belum banyak dikenal di Indonesia ini.

Selain modal yang kecil, kemungkinan risiko yang akan dihadapi dari budidaya tanaman ini juga relatif kecil. Misalnya saja masa awal tanam sampai siap dipanen yang mungkin akan membutuhkan waktu sampai 3 tahun, namun selanjutnya Anda bisa memanen tanaman ini setiap tahun. Hal ini juga yang membuat Peluang Usaha Budidaya Tanaman Porang semakin besar.

Nah pertanyaannya apakah tanaman porang ini cocok ditanam atau dikembangkan di Batam? Sejauh pengamatan batambisnis, sampai hari ini belum ada petani di Batam yang membudidayakan tanaman porang ini. Mungkin bagi Anda yang punya lahan pertanian/kebun di daerah Barelang bisa mencobanya. Siapa tau bisa berkembang dan menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi Anda.

1 Trackback / Pingback

  1. Bagaimana Memulai Bisnis Tanaman Porang? - BatamBisnis.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*