10 Langkah Cara Memulai Usaha Sendiri

10 langkah cara memulai usaha sendiri

Mencoba 10 langkah cara memulai usaha sendiri dengan modal kecil, mengapa tidak? Banyak peluang usaha menunggu untuk secepatkan direalisasikan. Memulai usaha Anda sendiri adalah solusinya. Adapun berikut sepuluh langkah mudahnya:

1.             Menentukan Jenis Usaha

Langkah pertama tentukan jenis usaha. Dalam hal ini Anda patut mempertimbangkan beberapa hal seperti peluang bisnis, minat, dan keahlian. Dianjurkan untuk memilih peluang bisnis dengan prospek cerah dan sebaiknya sesuai dengan minat atau keahlian Anda.

Sebagai contoh Anda hobi membuat aneka macam kue. Kembangkan hobi Anda untuk membuka usaha toko kue. Bila modal masih minim, Anda bisa memulai dari berjualan kue online dimana kue dibuat berdasar pesanan.

2.             Lakukan Survei

Setelah mengetahui usaha apa yang ingin dijalankan, lakukan survei lapangan. Survei penting untuk mengetahui besar peluang usaha. Adapun dalam survei Anda perlu mencari tahu tingkat persaingan, lokasi strategis, dan perilaku konsumen.

Tingkat persaingan berkaitan dengan banyaknya orang yang memiliki usaha sejenis. Cari tahu kualitas dan ciri produk yang ditawarkan beserta harga jual. Informasi tersebut bisa Anda gunakan untuk memasang stategi market agar mampu bersaing sehat.

Bagi yang ingin membuka toko, cari lokasi yang strategis. Misal untuk usaha fotokopi paling pas di dekat sekolah, universitas, atau perkantoran. Sementara bagi yang ingin membuka usaha online miliki lapak usaha yang dibuat secara profesional agar mampu meyakinkan pelanggan.

Daya beli masyarakat rendah jelas akan mempengaruhi bisnis Anda. Bila hanya beberapa konsumen yang berminat dengan produk atau jasa Anda, maka Anda harus bersiap pasang strategi lain bila tidak ingin gulung tikar.

3.             Menyiapkan Modal

Langkah selanjutnya dalam 10 langkah cara memulai usaha sendiri adalah menyiapkan modal. Besar modal yang dibutuhkan bergantung jenis usaha yang ingin dijalankan. Sebaiknya Anda tahu benar modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha.

Modal bisa didapat dari bank, investor, atau modal sendiri. Untuk usaha sendiri memang lebih baik menggunakan modal kecil milik sendiri agar keuangan tetap aman saat menghadapi risiko kegagalan. Untuk kesehatan finansial usaha, sisihkan minimal 40% modal sebagai dana cadangan.

4.             Perencanaan Matang

Perencanaan mencakup visi, misi, strategi, tujuan, prosedur, dan peraturan yang diperlukan dalam menjalankan usaha. Termasuk pula dengan anggaran untuk operasional. Perencanaan diperlukan supaya usaha Anda bisa berjalan sesuai dengan harapan. Perencanaan yang baik dibutuhkan pula untuk meminimalisir kegagalan dalam usaha.

5.             Ciri Khas Produk atau Jasa

Bila membicarakan pesaing jelas ada banyak di luar sana. Adapun satu hal yang akan membuat suatu produk atau jasa bertahan lama tidak lain karena keunikan atau ciri khas yang sukses menjadi pembeda.

Karenanya miliki ciri khas tersendiri. Dalam hal ini kreasi Anda dituntut untuk lebih dieksplor. Misal bagi Anda yang merintis usaha toko kue tidak cukup dengan menyuguhkan kue enak berkualitas. Anda juga haris mampu menggabungkan tampilan kue yang menarik dan unik. Berkreasilah dan buat produk yang menarik konsumen.

6.             Kelola Keuangan

Manajemen baik akan mampu menjaring banyak konsumen. Meski membuka usaha modal kecil bila Anda mampu mengelola uang bisnis yang terpisah dari uang pribadi, maka hal itu akan sangat membantu pengembangan bisnis Anda.

Modal dengan keuntungan kecil bila terkumpul dan dikelola baik akan menjadi untung berkali lipat. Sebaliknya, modal dengan keuntungan besar bisa jadi mubazir bila tidak digunakan secara bijak.Misal membeli baang yang belum tentu dibutuhkan dalam usaha.

7.             Promosi Produk

Anda membutuhkan promosi untuk mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada pasar. Dengan demikian pasar akan tahu keberadaan produk Anda.

Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari mulut ke mulut, menyebar brosur, pasang iklan di berbagai media, dan lainnya. Sekarang ini Anda bisa memanfaatkan ikan gratis di jejaring sosial untuk hasil lebih efektif.

8.             Membangun Jaringan

Bangun jaringan yang menguntungkan. Anda bisa membangun jaringan dengan pengusaha lain. Membangun jaringan tidak lantas membuat saringan bertambah. Malah ada kesempatan saling mendapat banyak ilmu baru dari jaringan yang dibangun.

9.             Mendaftarkan Usaha

Daftarkan usaha Anda ke lembaga berwenang untuk mendapat surat izin usaha perdagangan. Surat izin tersebut ibarat bukti sah dari pemerintah agar usaha Anda bisa berjalan lancar.

10.          Mental Kuat

Dalam menjalankan usaha terkadang ada masa sulit yang harus dilewati. Menjadi pengusaha harus bekerja keras dengan jadwal yang tidak menentu dan cara berpikir cepat agar usaha bisa berkembang dan memberi penghasilan layak bagi Anda. Karenanya mental kuat tidak mudah menyerah juga dibutuhkan dalam 10 langkah cara membuka usaha sendiri ini.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*