Peluang Bisnis Ikan Arwana

peluang bisnis ikan arwana
Image via pixabay

Ikan arwana adalah salah satu ikan hias yang sudah sejak tahun 1970-an dibudidayakan di Indonesia dan menjadi salah satu usaha hobi yang masih eksis hingga kini. Harga ikan arwana yang relatif lebih stabil dibandingkan dengan jenis ikan hias lain menjadikan Peluang bisnis Ikan Arwana ini menjadi begitu menjanjikan.

Harga jual ikan ini bisa dikatakan fantastis, bagaimana tidak, untuk satu ekor, harga ikan arwana berkisar 4 – 20 juta untuk ukuran 15 – 40 cm. belum lagi jika ikan ini bisa terjual pada saat kontes, nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah loh. tapi bagaimana jika tempat kurang mendukung untuk budidaya ikan ini?

Tidak Membutuhkan Tempat Yang Luas

Jadi untuk budidaya ikan arwana kalian nggak perlu kuatir dengan lahan yang sempit, karena untuk memelihara ikan ini tidak perlu di tempat yang luas kok, bahkan kalian tetap bisa membudidayakan ikan ini dengan memanfaatkan ruangan kosong atau samping dan belakang rumah kalian. Jadi lahan yang kalian perlukan untuk memulai budidaya skala kecil kira – kira yang penting cukup untuk 3 sampai 4 akuarium sudah bisa jalan tuh.

Harga Ikan Arwana Yang Fantastis Dan Relatif Stabil

Harga ikan ini cukup fantastis untuk satu ekor harganya bisa sampai 10 jutaan, sedangkan anakan yang berukuran 1cm antara 50 sampai 300 ribu tergantung dari jenis dan keindahannya. Tapi umumnya jenis ikan arwana yang paling mahal adalah ikan arwana silver brazil, hijau, irian, banjar red, golden red, hingga arwana super red yang menempati urutan pertama untuk harga termahal dan yang paling menjanjikan dari peluang bisnis ikan arwana ini.

Tapi bagaimana untuk bisa memulainya?

  1. Pastikan Lingkungan Cocok

Yang pertama adalah Pastikan dulu lingkungan di tempat kalian cocok dengan budidaya ikan ini, air yang tidak sesuai bisa menyebabkan resiko kematian jadi lebih tinggi. Adapun persyaratan lingkungan yang cocok untuk ikan arwana adalah air netral sampai agak masam (PH 6 – 7) dan temperatur yang berkisar antara 26⁰ – 30⁰ C. temperatur yang berubah secara drastis juga bisa membuat stress ikan ini.

2. Beli Anakan Satu – Persatu Dulu

Jika kalian ingin mencoba peluang bisnis ikan arwana ini, kalian gak perlu keluarin modal yang besar dulu kok. Kalian bisa memulai dengan membeli anakan satu – persatu dulu, selain sebagai media belajar di tahap awal strategi ini juga untuk menyiasati kerugian yang terlalu besar jika langsung membeli dalam jumlah banyak. Selain itu harga ikan arwana anakan juga masih relatif terjangkau.

3. Sirkulasi Air Yang Baik

Kotoran ikan arwana mengandung unsur nitrogen yang cukup tinggi. Sirkulasi air yang buruk dapat menyebabkan kematian pada ikan arwana kalian karena keracunan kotorannya sendiri, olehnya itu, berbicara tentang peluang bisnis ikan arwana, untuk masalah air ini perlu menjadi perhatian khusus. 

Lakukan pergantian air sesering mungkin. Walaupun kalian menggunakan water pump dan filter air yang bagus, sebaiknya tetap sering melakukan pergantian air, misalnya dua kali seminggu dengan kisaran 20 – 40 % setiap pergantian air.

4. Pakan Dan Cara Pemberiannya

Jenis pakan yang bisa kalian siapkan untuk ikan arwana kalian adalah udang, ikan kecil, serangga (kecoa’, kelabang, jangkrik) ulat, cacing, dan pellet. Sebaiknya lakukan rotasi pakan minimal 2 hari sekali agar ikan tidak bosan.

Adapun cara pemberian pakan ikan arwana adalah :

  • untuk ukuran 15 cm kebawah, berikan makan tiga kali sehari yaitu pagi, sore, dan malam hari.
  • ukuran 16- 35 cm berikan makanan 2 kali sehari. 
  • Untuk ukuran ikan diatas 35 cm, cukup berikan makanan sekali sehari, untuk waktunya sebaiknya pagi hari, karena biasanya pada malam hari mereka akan aktif berburu serangga yang datang mengerubungi lampu akuarium.

5. Jual Beli Sebagai Langkah Awal

Tips yang terakhir untuk kalian yang baru ingin memulai bisnis ini adalah usahakan untuk melakukan jual beli dulu dan kalau bisa mulai dari satu jenis dulu, misalnya khusus ikan arwana super red yang pasarannya lumayan tinggi. Selain modal kalian lebih cepat berputarnya, lagi – lagi ini untuk menyiasati proses belajar dalam memelihara ikan arwana, ada banyak orang yang gagal dalam memulai bisnis ikan hias ini karena langsung memilih jadi pembudidaya. Selain ongkosnya lebih besar, resiko kegagalan juga besar mengingat rumitnya memelihara ikan jenis ini.

Demikianlah pembahasan kita tentang peluang bisnis ikan arwana, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel yang lain. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*