Cara Mudah Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

memulai usaha dengan modal kecil
Image via detakbisnis.com

Memulai sebuah usaha tidak harus dengan modal yang besar artinya dengan modal yang minim atau kecil pun dapat memulai sebuah usaha. Stigma tentang memulai sebuah bisnis dengan modal uang besar sepertinya sudah melekat di masyarakat namun sebenarnya tidaklah selalu demikian dan berikut adalah beberapa cara memulai usaha dengan modal kecil.

Tentukan Jenis Usaha

Setiap memulai sebuah usaha atau bisnis tentu harus menentukan usaha apa yang akan dijalani. Dengan modal kecil jenis usaha yang bisa dipilih juga sangat banyak mulai dari bisnis atau usaha makanan, bengkel, pakaian dan lain-lain. Intinya adalah menentukan usaha sesuai dengan apa yang diinginkan dan sesuai dengan kemampuan. Jangan memaksakan sebuah usaha yang tidak disukai atau tidak memiliki wawasan dan keahlian di sana karena itu hanya akan membuat permulaan usaha menjadi kacau dan sulit.

Melakukan Riset dan Penghitungan Modal

Setelah menentukan jenis usaha maka alangkah baiknya untuk melakukan riset. Dalam memulai usaha dengan modal kecil, riset sangatlah penting untuk mengetahui segala kebutuhan dari usaha atau bisnis yang akan dijalani nantinya. Riset disini bisa dimulai dari melihat apa saja yang dibutuhkan dalam memulai usaha sesuai yang ditentukan. Barang-barang apa saja yang sekiranya diperlukan dalam memenuhi kebutuhan usaha. Riset kecil-kecilan bisa dilakukan dengan melihat usaha yang sama dengan yang akan dijalankan nantinya. Lakukan riset dengan baik dan benar agar semua berjalan dengan baik.

Riset dilakukan demi memberikan pemahaman serta berbagai cara dalam mengelola sebuah usaha atau bisnis. Gali informasi sebanyak-banyaknya dari sebuah usaha yang sama dengan apa yang akan dimulai nantinya. Dalam bisnis modal kecil maupun besar, riset merupakan salah satu yang wajib dilakukan dan sangat penting dalam memulai sebuah usaha. Maka dari itu riset untuk usahha dengan modal kecil sangat vital karena dapat menunjang proses usaha nantinya walaupun hanya dengan modal yang kecil. Untuk itu riset harus dengan baik agar segala informasi bis didapatkan.

Setelah melakukan riset  maka akan mendapatkan banyak informasi seperti strategi pemasaran dan uang paling penting adalah informasi tentang modal awal. Untuk memulai usaha dengan modal kecil maka hal ini harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Informasi modal dari riset bisa sangat membantu dalam hal menentukan dan menghitung modal awal. Tak perlu khawatir dalam hal ini karena modal kecil saja bisa memulai sebuah usaha. Yang terpenting disini adalah memperhitungkan dengan matang modal yang akan dikeluarkan disesuaikan dengan konsep awal yaitu usaha modal kecil.

Jika semuanya sudah dihitung maka nanti akan muncul total biaya modal yang harus dikeluarkan. Jika dirasa biaya modal sudah sangat sesuai dengan keinginan maka bisa langsung memikirkan hal lainnya namun jika dirasa modal masih terlalu besar bisa dengan melakukan penekanan biaya modal.

Penekanan Biaya Modal

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa jika modal dirasa masih sangat tinggi atau mahal bisa dilakukan penekanan biaya dengan tujuan untuk mencari modal yang kecil. Penekanan biaya ini bisa diartikan juga sebagai penghematan karena memang tujuannya agar modal yang dikeluarkan tidak banyak. Misalnya dalam modal awal ada sesuatu yang biayanya sangat tinggi, cari solusi lain yang bisa menekan biaya tersebut dan cari penggantinya dengan biaya yang lebih kecil. Jika sesuatu masih bisa ditekan biayanya maka lakukan jika memang ingin memulai usaha bermodal kecil dan menghemat.

Pemilihan Tempat Usaha

Dalam memulai usaha dengan modal kecil, pemilihan tempat merupakan hal yang sangat penting. Selain untuk pemasaran usaha juga untuk meringankan biaya modal dan biaya operasional. Pemilihan tempat usaha yang salah untuk bisnis dengan modal kecil contohnya adalah dengan memilih tempat usaha yang mempunyai biaya sewa tinggi. Tentu hal tersebut selain memperberat biaya operasional juga akan berpengaruh pada modal. Maka dari itu cari tempat yang sekiranya tidak memerlukan biaya sewa atau biaya lainnya. Salah satu tempat yang paling direkomendasikan adalah memulai usaha dirumah.

Mulai Untuk Menjalankan Usaha

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dengan baik mulai dari penentuan jenis usaha, riset, perhitungan modal, penekanan biaya hingga pemilihan tempat memulai usaha dengan modal kecil sudah dapat di realisasikan. Jika cara diatas diterapkan dengan benar maka usaha dengan modal kecil bisa berjalan dengan baik. Selanjutnya tinggal masalah pengelolaan dan menjalankan usaha tersebut. Gencar-gencar untuk melakukan promosi usaha semakin berkembang dan dikenal banyak orang. Promosi yang paling baik dan murah meriah adalah melalui media sosial.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*