Peluang Usaha Kos-Kosan di Kota Batam

peluang usaha kos kosan di batam
Image via merahputih.com

Meskipun membutuhkan modal yang besar, bisnis kos-kosan adalah opsi usaha yang menjamin keuntungan yang menggiurkan. Apalagi peluang usaha kos-kosan di kota besar seperti Batam, di mana ada banyak pendatang yang pindah dan membutuhkan tempat tinggal, baik itu untuk bekerja atau juga untuk tujuan usaha atau bisnis. Batam dengan wilayah yang sangat strategis berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia merupakan surga bagi para pendatang, baik itu para pendatang dalam negeri maupun para pelancong dari luar negeri.

Namun dalam 3 – 4 tahun terakhir kondisi ekonomi di Batam sedikit memburuk seiring dengan turunnya harga minyak dunia sehingga mengakibatkan proyek-proyek di bidang migas menjadi sepi dan banyak sekali pekerja-pekerja proyek yang memutuskan pulang ke kampung halaman dikarenakan oleh sepinya pekerjaan konstruksi dan pabrikasi migas. Termasuk juga proyek-proyek bidang galangan kapal sebagai penunjang migas juga banyak yang tutup di daerah Tanjung Uncang.

Walaupun begitu, peluang usaha kos-kosan di kota Batam tetaplah menjanjikan dan sudah tak perlu lagi diragukan keuntungannya, bahkan untuk kos-kosan sederhana dengan biaya sewa bulanan atau tahunan yang terjangkau sekalipun. Meski begitu, Anda pun bisa mengira-ngira bahwa kos-kosan dengan ukuran kamar lebih besar dan fasilitas lebih lengkap, meskipun membutuhkan modal lebih besar daripada kos-kosan biasa, juga cenderung memberikan keuntungan yang besar juga. Untuk sektor manufaktur di Batam masih berjalan normal meskipun ada sebagian perusahaan-perusahaan yang menutup operasinya.

Mengapa Usaha Kos-Kosan Sangat Menjanjikan di Batam ?

Bisnis kos-kosan pada dasarnya berbeda dengan bisnis lain yang mengandalkan tren. Sebab, kos menjadi sebuah kebutuhan sebagai tempat tinggal para perantau, baik itu pelayar, mahasiswa, maupun karyawan. Jadi, usaha kos-kosan bisa dibilang tidak bergantung pada tren sama sekali. Justru, seperti usaha properti pada umumnya, faktor lokasi, fasilitas, dan fitur bangunan lah yang memainkan peran paling besar dalam kelangsungan bisnis kos-kosan.

Pertanyaannya, apakah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum memulai usaha kos-kosan? Jawabannya adalah 5L. Apakah itu 5L? Lokasi, Lokasi, Lokasi, Lokasi dan Lokasi.

Ya benar, lokasinya harus strategis dan berdekatan dengan kawasan industri atau kawasan supermarket/ mall. Maka bisa dipastikan usaha kos-kosan Anda tidak akan pernah sepi dan selalu terisi penuh.

Karenanya, jangan heran kalau banyak orang yang melirik peluang usaha kos-kosan ini. Sebab, memang ada banyak keuntungan yang membuat peluang usaha ini sangat menjanjikan, seperti yang akan diulas berikut ini.

1.    Permintaan yang tinggi.

Di kota-kota besar, permintaan akan hunian kos sangatlah tinggi, bahkan bertambah tinggi dari waktu ke waktu. Hal ini bisa dikarenakan kedatangan mahasiswa baru atau karyawan baru yang pindah. Tentunya peluang ini bisa Anda maksimalkan jika lokasi kos-kosan Anda berada di sekitar kawasan kampus atau perkantoran.

2.    Menjanjikan pemasukan rutin dan berkelanjutan.

Dengan menjadi pemilik usaha kos-kosan, Anda bisa mendapatkan pemasukan yang sifatnya rutin dan dalam jangka panjang, baik itu pembayaran biaya kos secara bulanan, tahunan, atau periode tertentu seperti setiap tiga atau enam bulan.

3.    Pengelolaan relatif mudah.

Seperti ketika Anda memulai bisnis apapun, menjalankan usaha kos-kosan memang bisa jadi terasa cukup berat di awal. Sebab, Anda harus persiapkan segala kebutuhan dan fasilitasnya, memasarkan usaha kos Anda, bahkan sampai mengawasi para penghuni kos. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, bisnis kos-kosan akan terasa seperti usaha yang bisa Anda “lepas” begitu saja, tapi tetap bisa berjalan.

Pemasaran mulut ke mulut adalah salah satu strategi yang paling umum dilakukan para pemilik kos, karena biasanya penghuni atau mantan penghuni kos akan merekomendasikan kos-kosan Anda ke teman atau saudaranya, dan begitu seterusnya. Apalagi, rekomendasi dari orang terdekat biasanya jauh lebih dipercaya, terutama bagi mereka yang baru saja datang ke kota baru untuk kuliah atau bekerja.

4.    Jadi sumber penghasilan tambahan.

Banyak pemilik usaha kos-kosan yang menjalankan bisnisnya tersebut sambil tetap bekerja di kantor atau menjalankan usaha utamanya. Nah, Anda yang kebetulan punya properti yang menganggur dan ingin mendapatkan pemasukan tambahan, peluang usaha kos-kosan jelas adalah ide yang sangat layak untuk dipertimbangkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan secara rutin, yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga atau tabungan penting seperti pendidikan anak.

5.    Penghasilan lebih tinggi daripada mengontrakkan bangunan.

Anda barangkali sedang mempertimbangkan untuk menjadikan properti yang ada sebagai kos-kosan atau rumah kontrakan. Keduanya memang merupakan peluang bisnis yang sama-sama menguntungkan, apalagi mengontrakkan rumah terasa lebih praktis dibandingkan menjalankan bisnis kos-kosan. Hanya saja, penghasilan dari usaha kos-kosan relatif jauh di atas penghasilan dari mengontrakkan rumah, lho! Jadi, meskipun terasa lebih merepotkan dari segi pengelolaannya, hasil yang Anda terima sebanding dengan usahanya.

6.    Rumah kos cenderung lebih terawat.

Dibandingkan penghuni rumah kontrakan, penghuni kos cenderung lebih bisa diandalkan dalam urusan perawatan. Sebab, penghuni kamar kos hanya perlu mengurusi kamar kosnya sendiri, bukannya seluruh bangunan. Kalaupun tidak ada asisten yang khusus ditugaskan untuk urusan bersih-bersih kos, penghuni kos juga masih bisa merawat kamar mandi dan dapur bersama-sama. Hal ini berbeda dengan penghuni kontrakan yang memang bertanggung jawab membersihkan dan merawat seluruh bangunan, sehingga ada risiko properti Anda justru jadi terbengkalai jika yang mengontrak ternyata jorok atau tidak peduli soal perawatan.

Namun disamping itu, banyak juga pelaku-pelaku usaha kos-kosan tidak bisa bertahan lama disebabkan oleh faktor manajemen yang kurang baik. Ada banyak kendala yang harus dihadapi oleh pelaku usaha kos-kosan, mulai dari mengelola penghuni, maintenance, tagihan, komplen-komplen dari anak kost dan lain-lain. Jika Anda tidak memiliki manajemen yang baik di usaha ini, maka bisa dipastikan usaha kos-kosan Anda tidak akan bertahan lama.

Nah, itulah ulasan singkat tentang peluang usaha kos-kosan di kota Batam dan keuntungan menjalankan bisnis ini. Jadi, apakah Anda sudah mantap membuat keputusan? 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*